Jumat, 05 November 2010

Fakta Penting Seputar Liver


Tubuh kita diperlengkapi dengan organ detoks alami (liver) yang mampu mengusir keluar segala racun yang didapatkan dari lingkungan atau saat mengonsumsi makanan. Oleh sebab itu kita perlu menjaga liver baik-baik, caranya?






Tubuh memiliki 4 media pengeluaran yang mampu mengeluarkan racun (lewat keringat, kotoran, urin, CO2) dan juga banyak cara yang bisa dipakai untuk mengaktifkannya (berolahraga, buang air, kepanasan, dan sebagainya).

Namun, jumlah racun dan zat-zat kimia yang meracuni tubuh sangatlah banyak sehingga sistem detoks alami tubuh kerap tidak mampu membersihkan semuanya.

Hati atau liver manusia mencuci darah 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan 365 hari setahun, NONSTOP.

Apapun yang tubuh kita hirup, cerna, dan serap melalui kulit harus disaring oleh liver lebih dulu, untuk berjaga-jaga jika zat tersebut berbahaya bagi tubuh.

Jika liver tidak melakukan tugasnya dengan baik, maka kita mungkin akan mati dalam hitungan jam.

Ginjal, paru-paru, usus besar, dan kulit, merupakan sistem detoks lain yang membantu kerja liver. Namun, tak satupun dari 4 organ ini yang mampu menyaingi pentingnya peran liver dalam tubuh.

Paru-paru mengeluarkan CO2 saat Anda menghembuskan nafas, namun saat ada terlalu banyak zat kimia yang masuk ke dalam tubuh, maka Anda mulai batuk-batuk. Beberapa racun keluar melalui keringat yang dikeluarkan lewat kulit, dan proses ini banyak membantu penyembuhan seseorang yang sedang mengalami demam.

Namun ada pula racun dalam tubuh yang harus dikeluarkan dalam bentuk berbeda, misalnya jika terjadi reaksi keras dengan kulit, maka akan timbul iritasi, jerawat, dan alergi kulit lainnya.

Terlalu banyak racun dalam usus besar bisa menyebabkan seseorang terkena diare. Dan bila Anda sedang mengalami konstipasi/ sembelit, maka keadaan dalam tubuh dalam status buruk karena liver menyalurkan racun dan mengeluarkannya lewat usus besar. Jadi, jika usus besar penuh, maka liver akan mengubah racun menjadi sel-sel lemak, sehingga racun menetap dalam tubuh.

Hal yang sama berlaku untuk ginjal, terlalu banyak racun bisa membuatnya tertahan dan akhirnya terjadi gagal ginjal.

Hanya karena liver dapat mengatasi hampir semua masalah 'pencemaran' dalam tubuh, namun bukan berarti kerja liver tidak bisa terganggu atau terhenti.

Jika liver kewalahan, maka racun mulai beredar dalam darah, dan selain menyebabkan seseorang mudah merasa lelah, racun-racun tersebut bisa merusak organ dan kelenjar dalam tubuh, menyebabkan terjadinya peradangan dalam tubuh, sakit kepala, peningkatan berat badan, dan pastinya membuat seseorang merasa kurang sehat.

Jerawat, sakit kepala kronis, kelelahan akut, komplikasi, berkurangnya kilau rambut, dan bertambahnya lemak merupakan beberapa gejala dari liver yang kewalahan.

Ketika Anda mulai mendapatkan gejala-gejala ini, artinya tubuh Anda sedang mengirim pesan pada Anda bahwa ada sesuatu yang salah. Jadi, sangat penting bagi Anda untuk mempedulikan 'pesan' tersebut dan merespon dengan cara yang tepat. Bagaimana itu? Kita simak pada artikel berikutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar