Kamis, 04 November 2010

Kopi Tongkat Ali

Sekilas Sejarah Kopi Tongkat Ali

Tongkat Ali (Malaysian ginseng/Eurycoma longifolia jack) dalam istilah Indonesia dikenal sebagai pasak bumi. Tongkat Ali dapat ditemukan di Malaysia, Indonesia, Thailand, dan negara-negara asia selatan lainnya. Dahulu, Tongkat Ali biasa diambil akarnya, kemudian diolah dan diminum dalam keadaan pahit sebagai aprosidiak

(memperbaiki kemampuan seksual dan kesuburan pria). Sampai sekarang pun, di Malaysia, Tongkat Ali masih dianggap sebagai aprosidiak yang paling mujarab. Pada wanita Tongkat Ali bermanfaat meningkatkan stamina tanpa berpengaruh kepada hormonal wanita.

Oleh karena itu PT Kangssen Kenko menghadirkan kopi Robusta dengan ekstrak Tongkat Ali (Eurycoma Longifolia jack). Kopi Tongkat Ali tersedia dalam kemasan siap seduh dan dapat Anda nikmati kapanpun dan dimanapun tanpa khawatir akan efek samping.

Riset Seputar Tongkat Ali (Eurycoma Longifolia jack)

Ada beberapa riset yang mendukung manfaat Kopi Tongkat Ali:

1. Meningkatkan kadar testosteron sampai dengan 440% (4 kali lebih tinggi) dalam tubuh secara alami. Ini karena ekstrak tongkat ali mengandung komponen utama berupa zat fenol, mukopolisakarida, glikoprotein, tanin, dan polisakarida yang berkhasiat untuk meningkatkan kesanggupan merangsang produksi testosteron dan untuk menjaga kesehatan reproduksi pria. Sehingga, Tongkat Ali disebut juga sebagai Asian Viagra. Tongkat Ali juga tidak hanya untuk kesuburan pria, tetapi juga wanita.

2. Penelitian Department of Chemistry, national Cheng Kung University of Taiwan, Republik of China (Bahan Citotoxic dan Anti Malaria pada Akar Tongkat Ali). Hasil: Ekstrak Tongkat Ali dapat memberikan efek Cytotoxicity pada kanker paru dan juga payudara.

3. Memiliki bahan anti kanker. Riset laboratorium : kandungan alkaloid dan Quassinoid hasil riset di Jepang dan AS menunjukkan Tongkat Ali dapat menjadi penghambat sel kanker.

4. Menjaga vitalitas/kesehatan dan anti aging. Tongkat Ali mempengaruhi produksi testosteron pria, fungsi testosteron diantaranya yaitu mengatur kekenyalan kulit.

5. Mengandung anti oksidan. Riset yang dilakukan di FRIM (Forest Research Institute) di Malaysia dan UKM (Universiti Kebangsaan Malaysia), Tongkat Ali berisi anti oksidan untuk menghambat radikal bebas.

6. Anti Malaria. Riset tahun 2004 di Taiwan: Quassinoid diterpenoid no 57 dan 58 pada Tongkat Ali menunjukkan anti malaria (Plasmodium falcifarum). Riset 2002 di Malaysia (universiti Sains Malaysia): Quassinoid, Eurycomanon,Alkaloid pada Tongkat Ali meningkatkan aktivitas anti plasmodium.

7. Meningkatkan metabolisme dan sirkulasi darah. Tongkat Ali mampu meningkatkan energi/panas tubuh, sehingga metabolisme dan sirkulasi darah yang awalnya terhambat, menjadi lancar.

Manfaat Kopi Tongkat Ali

Manfaat khusus Kopi Tongkat Ali sebagai aprosidiak dan juga meningkatkan kesuburan pria (juga wanita) serta meningkatkan stamina

Manfaat Lain Kopi Tongkat Ali

a. Memperkuat ingatan dan mencegah demensia.

b. Meringankan disentri.

c. Meringankan nyeri pada sendi dan pinggang.

Keunggulan Kopi Tongkat Ali

1. Kombinasi Kopi Robusta, Ekstrak Tongkat Ali, cream dan gulanya pas dan nikmat.

2. Dapat diminum tidak hanya oleh pria, tetapi juga wanita. Pada pria konsumsi 2-3 sachet
sehari juga dapat bermanfaat sebagai aprodisiak (libido).

3. Lebih kuat dan hebat khasiatnya dibandingkan dengan Kopi Ginseng dan Kopi-kopi
biasa yang beredar di pasaran (khasiatnya 4 kali lebih kuat dibandingkan Ginseng).

4. Membantu terapi penyakit diare dan anti malaria (tidak didapatkan pada kopi-kopi lain di
pasaran).


Kopi Tongkat Ali: Berbahaya atau Bermanfaat?

Kopi, sebuah minuman yang sudah tidak asing lagi bagi kita saat ini. Kopi mulai ditanam sejak abad ke-7 dan bahkan bisa sebagai alat diplomasi, seperti Sultan Sulaiman dapat menaklukkan Hungaria karena jamuan kopi. Data menunjukkan bahwa 4 dari 5 Orang Amerika menghabiskan lebih dari 400 juta cangir kopi sehari. Orang skandinavia mengkonsumsi kopi dalam satu tahun sekitar 12kg/kapita. Orang Indonesia berapa?? Sayangnya, tak ada data. Tetapi, tak enak rasanya jika sehari saja, bagi pecinta atau bahkan pecandu kopi, tak menikmati beverage ini.

Awalnya, kopi hanya terdiri dari 2 jenis: Robusta dan Arabica. Kemudian berkembang menjadi banyak jenis dan campurannya (bahkan lebih dari 100). Begitu pula cara dan tempat menikmatinya. Anda bisa menikmati kopi di warung-warung kopi atau di cafe dan restoran terkenal bahkan sekarang menjamur cafe-cafe khusus kopi yang berkelas. Saat ini kopi banyak diproduksi dengan berbagai sensasi dan campuran. Salah satunya adalah kopi dengan campuran herbal tertentu sehingga memiliki manfaat tambahan tertentu seperti Kopi Tongkat Ali.

Tongkat Ali sebenarnya bukan herba yang asing. Dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai Pasak Bumi. Semua orang tahu bahwa inti dari pasak bumi lebih untuk aprosidiak, selain sebenarnya ada manfaat lain yaitu sebagai obat anti malaria dan pembangkit stamina. Bukan sekedar kepercayaan ataupun mitos, tetapi berbagai riset memang telah membuktikan khasiat/manfaat ekstrak tongkat ali bagi kesehatan kita, antara lain :

  1. Penelitian University Science of Malaysia (Efek Tongkat Ali pada performa sexual tikus yang dikebiri). Hasil: pada hari ke-32, para tikus yang diberikan ekstrak Tongkat Ali meningkatkan hormon tumbuh sexual/testosteron dan para tikus itu menjadi aktif secara seksual. Jadi, Tongkat Ali berfungsi sebagai Aprosidiak(perangsang sex alami)
  2. Penelitian University Science of Malaysia (Efek Tongkat Ali pada Otot pembangkit sex pada para tikus yang dikebiri). Hasil: Para tikus yang dikebiri dan diberikan Tongkat Ali lebih aktif karena otot pembangkit sex-nya berkembang dibandingkan dengan para tikus dikebiri yang tidak diberikan Tongkat Ali.
  3. Penelitian School of Biosence and Biotechnology, National University of Malaysia (Pengaruh Apoptosis Ekstrak Tongkat Ali). Hasil: Ekstrak Tongkat Ali menunjukkan efek apoptosis (pembunuhan sel kanker) pada sel-sel kanker MCF-7 (kanker payudara), selain juga dapat sebagai terapi anti-borok (anti-ulcers). Artinya, Tongkat Ali juga bermanfaat sebagai anti kanker dan mempercepat pemulihan luka.
  4. Penelitian Department of Chemistry, national Cheng Kung University of Taiwan, Republik of China (Bahan Citotoxic dan Anti Malaria pada Akar Tongkat Ali). Hasil: Ekstrak Tongkat Ali memberikan sejumlah efek Cytotoxicity pada kanker paru dan juga payudara. Serta dapat memberikan efek terapi bagi penderita malaria.
  5. Penelitian Central Laboratory and Greenhouse Complex, Kasetsart University, Kamphaeng sains Campus, Thailand (Peningkatan Aktivitas Anti Tumor dan Anti Parasit Quassinoid dari Tongkat Ali). Hasil: Komposisi aktif dari Quassinoid yang sangat tinggi pada Tongkat Ali dapat meningkatkan aktivitas anti tumor dan anti parasit (terutama malaria). Hasil uji juga sama pada Penelitian di negara lain (Malaysia). Tongkat Ali juga baik untuk kesehatan ginjal yang normal.

Apa jadinya bila herbal ajaib ini dipadukan dengan kopi seperti KK Kopi Tongkat Ali? Tentunya kopi yang anda minum bukan lagi kopi biasa melainkan kopi yang akan membawa sekian banyak manfaat bagi kesehatan Anda.

Ada beberapa tips yang dapat anda praktekkan untuk menikmati secangkir kopi tanpa rasa bersalah:

  1. Minum maksimal 2 cangkir sehari. Kopi manapun pastilah memiliki kadar caffein dengan efek yang berbeda bagi sensitivitas tubuh setiap orang. Jika Anda takut dengan efek kafein (jantung terasa berdebar kencang, panas dingin/terasa demam, menjadi insomnia), maka sesuai dengan anjuran kesehatan, cukup dinikmati 2 cangkir dalam sehari. Rugi rasanya jika Anda pencinta kopi, tapi takut meminum yang Anda cintai.
  2. Minum di pagi hari akan lebih baik. Berdasarkan kutipan dari beberapa penelitian tentang manfaat umum kopi, minum kopi di pagi hari dapat meningkatkan semangat hidup Anda, lebih giat bekerja, tidak mudah lelah dan mengurangi derita sakit kepala. Ingin tambah segelas lagi, minumlah siang hari dikala kantuk mulai menyerang anda. Hindari minum kopi malam hari karena akan mengurangi waktu tidur anda.
  3. Buatlah resep tambahan minum kopi, misalnya: Kopi shake dengan susu atau creamer, puding kopi, dan lain-lain. Sehingga, Anda tetap dapat merasakan manfaat kopi.
  4. Bagi yang merasa takut dengan lambungnya, menikmati kopi bisa turut dengan sepotong atau dua potong kue, agar asam lambung tidak meningkat drastis.
  5. Jika Anda wanita hamil, menyusui, masih anak-anak atau yang penderita Hipertensi, lebih baik tidak mengkonsumsi kopi.

Tinggal pilih, mau manfaat apa yang Anda ambil dari 1-2 cangkir Kopi Tongkat Ali setiap harinya, sendiri atau dengan keluarga serta teman-teman. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi untuk menikmati Kopi Tongkat Ali bukan???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar