Jumat, 06 Januari 2012

Bagaimana cara memikat orang lain mengikuti cara berpikir Anda


Berikut adalah 12 Prinsip-prinsip yang dapat kita pegang dan terapkan dalam setiap kesempatan di hidup kita agar dapat memenangkan orang lain secara *menang-menang*:

1) Prinsip Pertama; Satu-satunya cara untuk memperoleh manfaat paling banyak dari perdebatan adalah menghindari perdebatan itu sendiri.
Dengan berdebat akan ada pihak yang merasa menang dan ada pihak yang dikalahkan. Dalam hal ini besar kemungkinan yang terjadi adalah, mungkin kita akan menang dalam perdebatan, dengan segala argumen kita yang luar biasa akurat, namun sering kali kita tidak mendapatkan hasil seperti yang kita inginkan (alias: kalah di hasil)

2) Prinsip Ke-dua; Perlihatkan respek terhadap pendapat orang lain. Jangan pernah berkata “Anda Salah”.
Bila Anda mengatakan “Anda salah!”, maka dapat dipastikan Anda tidak akan mendapat simpati dari orang tersebut. Namun sebaliknya pujilah ia dan secara tersembunyi sampaikan kritikan Anda.

3) Prinsip Ke-tiga; Kalau Anda salah, akuilah dengan cepat dan simpatik.
Bila memang Anda salah, jangan segan-segan dan jangan takut terlihat bodoh dengan meminta maaf sesegera mungkin. Tidak sedikit dengan cara ini malah kita mendapatkan dukungan setelah itu, bukannya menerima makian dari orang tersebut. Jadi, tunggu apa lagi? Lakukanlah prinsip ini ketika Anda memang salah.

4) Prinsip Ke-empat; Mulailah dengan cara yang ramah.
Setiap orang selalu menginginkan diperlakukan secara baik, dihargai, dihormati, dan dipuji. Untuk itu, mulailah untuk menempatkan diri Anda diposisi orang lain selayaknya Anda ingin diperlakukan. Dengan demikian orang lain akan merasa nyaman dengan kehadiran Anda.

5) Prinsip Ke-lima; Usahakan orang lain mengucapkan “ya, ya” dengan segera.
Semakin banyak pertanyaan yang kita ajukan kepada seseorang yang jawabannya selalu menjurus pada “ya, ya”, maka secara psikologis orang ini akan lebih mudah meng-iyakan keinginan Anda yang lain (disini adalah tujuan utama Anda).

6) Prinsip Ke-enam; Biarkan orang lain yang lebih banyak berbicara.
Jadilah pendengar yang baik, karena memang demikian kita diciptakan oleh yang Maha Kuasa – dua telinga dan satu mulut. Semua orang senang didengarkan. Dan tidak sedikit seseorang diberikan penghargaan sebagai pembicara yang baik hanya karena ia senang mendengarkan orang lain.

7) Prinsip Ke-tujuh; Biarkan orang lain merasa bahwa itu adalah idenya.
Bila Anda menginginkan kerjasama dari seseorang, maka biarlah ia merasa bahwa itu adalah idenya. Dengan begitu akan muncul rasa memiliki dan komitmen pada hati orang yang kita tuju. Tentunya ini akan memudahkan kita dalam banyak hal. Coba saja..!

8) Prinsip Ke-delapan; Cobalah dengan sungguh-sungguh melihat segala sesuatu dari sudut pandang orang lain.
Dalam menggerakkan orang lain mengikuti kemauan kita, maka kita harus mengetahui apa yang diinginkan oleh orang tersebut. Bila kita berfokus pada apa keuntungan yang bisa ia peroleh dan kita wujudkan untuk mereka, maka mereka akan mengikuti Anda.

9) Prinsip Ke-sembilan; Bersimpatilah dengan ide dan hasrat orang lain.
Benar-benar dan sungguh-sungguh lah dalam bersimpati terhadap orang lain, karena ini akan tercermin dari sikap Anda. Jangan memakai topeng (berpura-pura) dalam bersimpati.

10) Prinsip Ke-sepuluh; Imbaulah motif-motif yang lebih mulia.
Sejak awal Anda menetapkan tujuan Anda dalam memenangkan orang lain, pastikan motif tersebut menguntungkan kedua belah pihak, bukan sebaliknya dengan motif memanipulasi orang lain.

11) Prinsip Ke-sebelas; Dramatisir ide-ide Anda.
Agar dapat menggerakkan orang lain untuk segera bertindak dan lebih tertarik dengan apa yang Anda tawarkan, maka yang diperlukan adalah mendramatisir (membuat suatu hal yang nyata yang memberikan kesan) ide-ide Anda.

12) Prinsip Ke-duabelas; Lemparkan tantangan.
Berikan tantangan kepada orang lain, maka mereka akan menjadi tertantang dan terpacu untuk menjadi lebih baik. Buat suatu kompetisi dan lihatlah mereka berpikir dan bekerja lebih keras dari sebelumnya.
Terinspirasi dari -(Daniel Carnegie) dlm buku How to win friends and influence people.

Salam sehat, kaya, bijaksana, dan bahagia..
Go Freedom in 2012 with Club100Juta KK Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar