Senin, 12 September 2011

Gapai Tidur Nyenyak dan Mimpi Indah


Membuat tubuh nyaman menjelang tidur akan meningkatkan kualitas tidur Anda. Ada cara mudah melakukannya.
Sudah memejamkan mata berjam-jam, tetapi belum juga bisa tidur dengan nyenyak. Padahal suasana rumah sudah tenang, lampu telah dipadamkan, tetapi kenapa tubuh masih terjaga dan tidak mau tertidur. Pernahkah Anda mengalami masalah tersebut? Masalah sulit tidur tentu sangat mengganggu, apalagi jika pada keesokan hari, Anda harus melakukan banyak kegiatan yang menuntut kondisi tubuh yang prima.

Jika Anda lelah memejamkan mata tetapi tubuh belum mau tertidur, tips-tips berikut ini bisa Anda terapkan untuk memuluskan langkah Anda menuju dunia tidur dan mimpi indah. Jika Anda sudah terbiasa membuat tubuh nyaman sebelum tidur, tidak sulit kok membuai tubuh dalam dunia mimpi yang menyenangkan, sekaligus mendapatkan tubuh yang lebih segar saat bangun pada pagi hari.

1. Hindari Makanan Berlemak Jelang Tidur

Jika ada makanan lezat dan dipenuhi lemak yang ingin Anda konsumsi, lakukan pada siang hari. Jika Anda melakukan hal tersebut pada saat makan malam, apalagi menjelang waktu tidur, maka pencernaan Anda akan merasa berat untuk mencernanya. Ditambah lagi peningkatan jumlah asam lambung akibat mencerna makanan berlemak akan membuat perut Anda terasa penuh dan tidak enak. Hal ini bisa membuat Anda tidak nyaman dan sulit tidur pada akhirnya.

2. Olahraga 20 Menit

Olahraga yang Anda lakukan dapat membuat tubuh lebih nyaman dan mempercepat tubuh tertidur. Yang harus diingat adalah porsi olahraga yang tepat. Olahraga selama 20 menit setiap hari sudah cukup untuk mendapatkan tidur berkualitas. Pilih waktu yang tepat untuk berolahraga yaitu pada pagi atau sore hari. Olahraga menjelang jam tidur akan membuat tubuh kesulitan untuk segera terlelap.

3. Matikan Komputer/Laptop

Pada dasarnya, kamar tidur adalah ruangan untuk beristirahat. Karena itulah banyak ahli kesehatan yang menyarankan agar Anda tidak meletakkan televisi atau komputer di dalam kamar tidur Anda. Kedua perkakas itu dapat membuat Anda menikmati banyak hal yang tersaji sehingga melupakan waktu tidur. Jika di kamar tidur Anda terlanjur terpasang televisi atau komputer, matikan kedua benda itu 30 menit sebelum tidur.

4. Pikirkan Sesuatu Yang Membahagiakan

Tidak ada salahnya Anda memasang sebuah gambar yang menampilkan pemandangan alam yang tenang atau foto yang menyimpan kenangan membahagiakan di kamar tidur Anda. "Sebuah gambar yang membahagiakan akan menyingkirkan rasa cemas yang bisa mengganggu Anda menuju tidur," ujar Deirdre Barrett, Ph.D, seorang profesor psikologi dari Harvard Medical School pada Self. Pikiran Anda akan melanjutkan rekaman positif tersebut dalam mimpi indah.

5. Pilih Bantal Yang Tepat

"Penggunaan bantal yang terlalu besar atau terlalu kecil dapat menyebabkan rasa sakit pada bagian tulang belakang dan mengganggu tidur," ujar Karen Erickson, seorang ahli chiropractic di New York City pada Self. Perhatikan juga ketebalan dan kepadatan bantal. Banyal yang terlalu padat akan menyebabkan sakit pada leher, sedangkan bantal yang terlalu tipis tak dapat menyangga kepala dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar